AL-JIHAD SUNGAI BAMBU

Selamat datang wahai manusia yang lemah, karena Alloh lah yang kuat

Rabu, 10 Maret 2010

kesesuaian dunia dan akhirat

بسم الله الرحمن الرحيم

Kesesuaian dunia dan akhirat

Alloh berkata di dalam Alqur’an surat Al-Qoshos (28) ayat 77, yaitu :

وَابْتَغِ فِيْمَا اَتَاكَ اللهُ الدَّارَ الاَخِرَةَ وَلاَ تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

Artinya : “Dan carilah olehmu negri akhirat dengan sesuatu yang telah Alloh datangkan kepadamu dan janganlah kamu lupa terhadap bagianmu di dunia”

Pada ayat di atas Alloh memerintahkan kepada hambanya untuk mencari negri atau kesenangan akhirat dengan sesuatu yang telah di datangkan oleh Alloh. Dan sesuatu yang di datangkan atau di wahyukan Alloh itu adalah Alqur’an, sebagaimana Alloh katakan di dalam Alqur’an surat An-Najm (53) ayat 4, yaitu :

اِنْ هُوَ اِلاَّ وَحْيٌ يُوْحَى

Artinya : “Tidaklah ia itu kecuali wahyu (alqur’an) yang di wahyukan atau didatangkan (oleh Alloh)”

Cara menggunakan Alqur’an untuk mencari negri atau kesenangan akhirat adalah dengan membacanya (Qs.29:45), mempelajarinya (Qs.38:29), dan mengamalkannya (Qs.9:105)

Pada ayat di atas juga, Alloh mengingatkan kepada manusia untuk tidak lupa terhadap bagiannya di dunia, tapi itu jangan berlebih-lebihanatau hanya sekedarnya saja, sebagaimana Alloh katakan di dalam Alqur’an surat An-Nisa (4) ayat 77, yaitu :

قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيْلٌ وَ الاَخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقَى

Artinya : “katakanlah kesenangan dunia itu hanya sedikit dan akhjirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa”

Kesimpulan / Tafsiran (Qs. 28 : 77)

1. Alloh memerintahkan kepada hambanya supaya mencari negri atau kesenangan akhirat dengna sesuatu yang telah di datangkan atau di wahyukan oleh Alloh yaitu Alqur’an (Qs.53:4)

2. Cara mendapatkan negri atau kesenangan akhirat adalah dengan membaca (Qs.29:45), mempelajari (Qs.38:29) dan mengamalkan Alqur’an (Qs.9:105)

3. Alloh juga memerintahkan supaya mencari kehidupan dunia (Qs.62:10) tapi jangan berlebihan, karena dunia itu nilainya sedikit di banding akhirat (Qs.4:77)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar